Minggu, 04 Oktober 2015

Primary Health Care (P-Care)




Sistem informasi manajemen puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan di disain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas. Simpus terdiri dari berbagai modul yaitu admin sistem (manajemen user), loket, kegiatan luar gedung atau UKM, poli BP atau umum, poli gigi, poli radiologi, poli KIA, UGD dan rawat inap. Simpus menggunakan sistem yang berbasis web sehingga memungkinkan koneksi online dinas kesehatan ke puskesmas atau pustu secara real time.
Sejak Januari tahun 2014 ini telah digunakan aplikasi verivikasi kepesertaan JKN (BPJS Kesehatan) untuk layanan primer (Puskesmas dan Dokter Keluarga yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan) dengan nama ” P-Care “. Dengan sistem yang online sehingga harus terkoneksi langsung jaringan internet.
P-CARE atau kepanjangannya Primary Care merupakan sistem informasi pelayanan pasien yang ditujukan untuk pasien berstatus BPJS-Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Bidang Kesehatan) berbasis komputer dan online via internet. Sesuai dengan namanya maka P-CARE yang ditujukan bagi pelayanan primer (puskesmas) dan didalamnya melakukan pengolahan data mulai dari pendaftaran, bagian penegakan diagnosa, pemberian terapi, hingga pemeriksaan laboratorium. P-CARE dikembangkan oleh PT. ASKES, merupakan pengembangan dari aplikasi pelayanan kesehatan yang dulunya digunakan untuk SIDokkel digunakan juga di Puskesmas terutama untuk verivikasi peserta secara online.
Dengan fungsi utama sebagai gatekeeper, maka Puskesmas (dan dokter keluarga) sebagai PPK I memegang kunci siapa saja pasien di depan meja pendaftaran yang berhak untuk mendapatkan faslitas pelayanan dengan “gratis”. Kemampuan P-Care dalam hal mendeteksi pasien yang dijamin tersebut terdaftar dan “aktif” dan apabila dipandang perlu dirujuk sehingga ada output nomor rujukan yang dibaca oleh referral sistem diatasnya (PPK II dan PPK III/Rumah Sakit Rujukan) akan meningkatkan aspek continuity of care (kesinambungan pelayanan) dengan dasar patient safety (keselamatan pasien).

A.    Fungsi dan Fitur P-Care
Pada dasarnya, P-Care mempunyai 2 fungsi besar, yaitu (1) Pendaftaran Pasien, dimana entry data dilaksanakan oleh petugas pendaftaran, dan (2) Pelayanan Pasien, dimana entry data dilaksanakan oleh dokter (atau petugas Balai Pengobatan), didalamnya juga terdapat fitur pembuatan rujukan, dimana datanya akan dapat langsung terbaca di FasKes Rujukan. Selain kedua fungsi tersebut terdapat fitur tambahan seperti preview data kunjungan, jumlah peserta BPJS yang terdaftar di suatu faskes primer, serta pengolahan data tenaga medis dan fitur penggantian password (Dinkes gunung kidul, 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar